Berita Pangkep

IMG 20200917 WA0037

 

Pangkep – Sambut Hari Kontrasepsi Sedunia atau World Contraception Day (WCD) ke-13 yang jatuh pada 26 September 2020 mendatang, Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Kabupaten Pangkep melakukan kegiatan Pelayanan KB Gratis.

Diketahui, kegiatan yang mengusung tema “Bersama Mitra Tingkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan KB & Kesehatan Reproduksi Pada Adaptasi Kebiasaan Baru” berlangsung selama 3 hari di Kecamatan Mandalle, Segeri dan Ma’rang.

Pengurus IPeKB Pangkep, H Zakaria yang ditemui di tempat pelaksanaan kegiatan mengatakan, kegiatan pelayanan KB gratis bagi pasangan usia subur (PUS) di Kecamatan Segeri, Kamis (17/09/2020), merupakan hari terakhir, bekerjasama seluruh PKB/PLKB se-Kabupaten Pangkep.

Sementara itu, Kepala Dinas DPPKB dr Hj Hartini Djafar, saat dikonfirmasi di tempat kegiatan mengatakan, kegiatan pelayanan KB gratis harus dilaksanakan secara terus menerus, karena dalam menghadapi pandemi Covid-19 terkadang menjadi kendala bagi PUS yang ingin ber-KB.

“Kendala yang sering terjadi selama pandemi Covid-19 adalah ketika PUS ingin mendapat suatu pelayanan KB secara prima di Klinik KB terkadang tidak terwujud dengan baik,” kata dr Tini sapaan akrab Hj Hartini Djafar.

Alasannya, kata dr Tini, karena para Bidan Klinik KB memiliki tugas-tugas rangkap, sehingga waktu pelayanan yang diinginkan oleh PUS tidak sebagaimana yang diharapkan.

“Bidan Klinik KB segan untuk melaksanakan pelayanan kepada PUS karena tidak dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti pakaian hazmat, masker dan hand scoom,” terang dr Tini.

Lanjut diterangkan, tingkat ekonomi PUS menurun sehingga berpengaruh terhadap biaya transportasi menuju Klinik KB untuk mendapat pelayanan, serta terbatasnya tingkat komunikasi antara PUS dengan Bidan Klinik.

“Cara penggarapan PUS sangat baik karena di desa dan kelurahan ada Kader PPKBD dan Sub PPKBD yang ikut menelusuri dan menggerakan PUS yang belum ber-KB untuk ikut KB,” tambah dia.

Pada kesempatan ini, dr Tini juga mengapresiasi atas kerja sama seluruh PKB/PLKB se-Kabupaten Pangkep, sehingga kegiatan ini sukses mendapatkan akseptor sesuai target.

Kabid KB DPPKB Kabupaten Pangkep Hj Amisah mengatakan, pemilihan tempat kegiatan di Kecamatan Mandalle, Segeri dan Ma’rang, karena ke 3 kecamatan ini jadi target untuk MKJP, lantaran masih di bawah target.

“Sehingga dengan kegiatan (pelayanan KB gratis) ini akan mendongkrak pencapaian target untuk Methode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) perkecamatan,” Hj Amisah.

Diungkapkan pula, pelayanan KB gratis dimulai dari pukul 10.00-16.00 Wit dengan capaian pelayanan, yaitu Implant 68 peserta, IUD 4 peserta.

Kabid Penyuluhan dan Pergerakan, Alfiah Muthmainnah menjelaskan, sebelum kegiatan ini berlangsung, pihaknya terlebih dahulu memberitahukan masyarakat menggunakan Mobil Unit Penerangan (Mupen).

“Sebelum pelayanan KB gratis dilaksanakan, diawali dengan kegiatan pemberitahuan langsung ke masyarakat dengan menggunakan Mobil Unit Penerangan DPPKB selama 3 hari di 3 kecamatan lokus, sehingga masyarakat bisa mengetahui kegiatan ini dan kita bersyukur pelayanan terbanyak adalah peserta KB Implan,” pungkas Alfiah Muthmainnah.

Kegiatan ini dihadiri Ketua IPeKB, Kadis DPPKB, Kabid KB, Kabid Penyuluhan dan Pergerakan, Ketua IBI, Penyuluh KB/Penyuluh Lapangan KB (PKB/PLKB), Bidan Klinik, Kader PPKBD dan Sub PPKBD serta Kader Pos Yandu. (Mcpangkajene)