Seputar PPID

1635387273 0451407e3073a2555425

 

PANGKEP -- Serah terima dan peresmian pusat informasi geologi (PIG) dari Kementerian ESDM RI ke Pemprov Sulsel dan Pemkab Pangkep, Rabu (27/10/21).

Peresmian PIG dintandai dengan pengguntingan pita oleh wakil bupati Pangkep, Syahban Sammana.

Dikatakan Syahban, kehadiran PIG iji diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat. Serta berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala dinas pariwisata dan kebudayaan Pangkep, Ahmad menyampaikan, sebagaimana disampaikan oleh kepala badan Geologi untuk menyerahkan pengelolaannya kepada pemkab Pangkep.

Olehnya itu lanjutnya, pemkab Pangkep dalam hal ini dinas pariwisata akan segera membuat regulasi yang akan menjadi acuan pengelolaan secara prosional.

"Regulasi itu dalam bentuk peraturan bupati yang akan menjadi acuan pengelolaan secara profesional PIG ini,"katanya.

PIG nantinya lanjut Ahmad, tidak hanya akan menjadi wisata alam dan edukasi. Tapi juga akan menjadi bagian dari instrumen sumber pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata.

Olehnya itu, akan dilakukan kerjasama lintas sektoral. Dinas pendidikan, dinas kesehatan dan para komunitas guna meningkatkan kunjungan wisata di Pangkep.

"bermula dari PIG selanjutnya menyebar ke geosite yang ada yang jumlahnya 31 geosite,"tambahnya.

Gedung PIG terletak di kompleks rumah jabatan bupati Pangkep. Gedung PIG ditunjang sejumlah sarana dan prasarana. (Mcpangkajene)