Berita Pangkep

IMG 20180930 WA0034

Pangkep, PPID -- Persaingan memperebutkan posisi peringkat 2 dalam perolehan medali diajang Porda XVI Pinrang berlangsung ketat dan menarik dalam dua hari terakhir antara kontingen Kabupaten Pangkep dengan Selayar. Silih berganti berebut posisi ditempat kedua setelah Kontingen Makassar yang tidak mungkin terkejar lagi sebagai pemuncak setelah meraup 246 medali dengan rincian 103 medali emas, 76 perak dan dan 67 perunggu .

Bahkan hingga dipenghujung hari terakhir jelang penutupan Porda, jumlah medali emas dan perak antara Pangkep dan Selayar tetap sama karena masing-masing meraih 28 medali emas dan 23 perak. Beruntung Pangkep meraih medali perunggu yang lebih banyak yakni 32 medali. Sedangkan Selayar hanya mengumpulkan 26 perunggu

Total medali yang dikumpulkan antara kedua daerah ini,  akhirnya menjadi penentu untuk menentukan siapa yang berhak meraih peringkat kedua di Porda XVI tersebut. Selayar kemudian pasrah dengan kondisi tersebut karena jumlah medali yang diraih sebanyak 77 keping. Sementara Pangkep yang menyalip Selayar jelang penutupan dengan raihan 83 medali.

Sebelum muncul Selayar. Kontingen Kabupaten Bone menjadi pesaing Pangkep dalam memperebutkan peringkat kedua Porda XVI. Pada hari ketiga hingga hari keempat perhelatan pekan olah raga tingkat Sulsel ini.  Pangkep dengan Bone sempat saling kejar dalam pengumpulan jumlah medali. Pangkep beberapa kali saling salip merebut posisi kedua dengan Kabupaten Bone. Namun kemudian Bone harus puas diposisi ke empat.

Untuk cabor Pangkep yang meraih medali diajang Porda XVI yakni judo berhasil memborong 12 emas, 2 perak dan 9 perunggu. Panjat Tebing 8 emas,  3 perak 4 perunggu. Dayung 2 emas, 2 perak. Tinju 1 emas,  3 perak,  2 Perunggu. Bridge 1 emas 2 perak 4 perunggu.  Menembak 1 emas,  1 perak dan 1 perunggu.  Catur 1 emas,  1 perak,  1 perunggu. Tae-kwondo 1 emas,  2 perak,  1 perunggu.  Kempo 1 emas dan 2 perunggu.  Karate 2 perak,  2 perunggu. Balap motor rebut 2 perak. Takraw 1 perak dan 2 perunggu.  Silat 1 perak 1 perunggu. Senam 1 perunggu dan Bilyard 1 medali perunggu.

Plt Ketua KONI Pangkep, Muhammad Yusuf Syam yang dihubungi Minggu sore (30/9) mengapresiasi capaian prestasi dari Kontingen Porda XVI Kabupaten Pangkep. Peringkat dua merupakan capaian luar biasa.

" Kami mengapresiasi kerja keras para atlet, pelatih dan official atas prestasi yang diraih dari perhelatan Porda sehingga target kita terlampaui dari tiga besar setelah Pangkep berhasil meraih peringkat kedua dalam pengumpulan jumlah medali. Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Ketua Kontingen bapak Firmansyah Subhan bersama pak Mustar karena support nya kepada seluruh atlet sehingga torehan prestasi cabor diajang Porda berhasil kita capai, " kata Yusuf ( Udi/Mcp)