Berita Pangkep

20171031 152252

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Pangkep, Abd. Haris Has, meminta masyarakat berperan aktif melakukan pengawasan dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Pangkep, yang akan dilaksanakan November 2018 mendatang.
 
Sebagaimana pemilihan umum, kata Haris, mempengaruhi pemilih dengan memberikan uang atau materi lainnya untuk mempengaruhi pemilih juga dilarang. Ia berharap, tidak ada tindakan atau perbuatan dalam pelaksanaan pilkades serentak nanti yang dapat menodai pelaksanaan pilkades.
 
"Sama aturannya, tidak boleh. Bedanya di pilkades tidak ada Panwas. Masyarakat bisa saling mengawasi, kalau memiliki bukti bisa dilaporkan," ujar Haris, Kamis (13/9/2018). 
 
Apalagi kata Haris, besarnya alokasi dana desa beberapa tahun ini sangat besar. Hal tersebut mendorong pengawasan terhadap tahapan pilkades akan lebih ketat. 
 
Lanjut dikatakan Haris, tahun ini di Pangkep akan ada 7 desa yang melaksanakan pilkades serentak. Lebih sedikit dibanding Pilkades serentak tahun 2019 mendatang.
 
"Diperketat mulai tahapan seleksi berkas, jangan sampai setelah dilantik baru muncul persoalan terkait dokumen persyaratan, misalnya ijazah. Apalagi semua orang tau kalau ADD sekarang nilainya besar," ungkap Haris. (mujib/mcp)