Seputar PPID
3b44b5000d3ada04c028c395cd05cbfb L
 
PANGKEP -- Upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-111 Tahun 2019 juga diselenggarakan di Kabupaten Pangkep.
 
Upacara yang mengusung tema "Bangkit Untuk Bersatu" ini dilaksanakan di Kantor Bupati Pangkep, Senin, 20 Mei.
 
Pada kesempatan tersebut, Dandim 1421 Pangkep Letkol Inf Adi Sabaruddin,  selaku inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika bahwa Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks sumpah palapa.
 
"Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat. Kita yang mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa," jelasnya.
 
Apalagi katanya, telah lebih satu abad bangsa menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo.
 
"Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis  yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia," bebernya.
 
Lebih lanjut ia juga mengaitkan momentum Harkitnas ini dengan bulan suci Ramadan.
 
"Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah. Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita," bebernya.
 
Sementara itu, Kapolres Pangkep, AKBP Tulus Sinaga usai pelaksanaan upacara menyampaikan bahwa, peringatan Hari Kebangkitan Nasional untuk mengajak anggotanya meningkatkan semangat dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.
 
“Kami sebagai pelayan masyarakat akan tetap bersemangat dalam bekerja, sebagaimana semangat para pendahulu,” ucap Kapolres. (Mcpangkajene)